Minggu, 18 Agustus 2019

KEWIRAUSAHAAN 2019

PERTEMUAN KE 9

Distribusi Produk:
Distribusi produk adalah kegiatan menyalurkan barang dari tangan produsen ke tangan konsumen. Proses distribusi produk biasanya melibatkan:
  • Perantara, adalah orang atau instansi yang membantu mendistribusikan produk
  • Pengecer, adalah perantara yang langsung menjual produk kepada konsumen
  • Pedagang Grosir, adalah perantara yang menjual produk ke perusahaan lain dan akan dijual lagi ke konsumen akhir
  • Agen Penjualan, adalah perantara independen mewakili perusahaan dan menjual barang ke pengecer.
Strategi Distribusi Produk:
Dalam melakukan distribusi produk diperlukan juga sebuah strategi distribusi. Berdasar cakupan pasar dan jenis produk produsen dapat menerapkan strategi berikut:
  • Distribusi Intensif, mendistribusikan produk melalui sebanyak mungkin saluran atau anggota saluran ( grosir atau pengecer). Biasa untuk produk konsumsi berbiaya rendah seperti majalah.
  • Distribusi Eksklusif, hak eksklusif produsen dalam menjual atau mendistribusikan produk tertentu ke sejumlah grosir atau pengecer yang terbatas dalam suatu wilayah tertentu. Seperti jam tangan Rolex yang hanya dijual ditoko Rolex resmi.
  • Distribusi Selektif, distribusi melalui grosir atau pengecer terpilih yang memberikan perhatian khusus atas produk tertentu dalam penjualannya. Seperti pada produk perabotan rumah tangga.
Dalam sebuah proses distribusi biasanya melibatkan Pedangang Grosir, Pengecer, Agen dan Pialang
Pedagang Grosir:
Pedagang grosir adalah badan independen yang membeli produk dari berbagai produsen dan menjualnya keperusahaan lain. Pedagang grosir terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
  • Pedagang grosir jasa penuh,
  • Pedagang grosir fungsi terbatas,
  • Drop shipper,
  • Rack jobber
Pengecer:
Pengecer adalah perantara yang menjual produknya langsung kepada konsumen. Pengecer terbagi kebeberapa jenis yaitu:
  • Departement Store,
  • Kedai 24 jam,
  • Toko DIskon,
  • Toko Harga baku,
  • Toko Khusus,
  • Supermarket,
  • Hypermarket,
  • Factory Outlet,
  • Klub Pergudangan,
  • Kategori Tertentu,
  • Pengecer Online
Agen dan Pialang:
Agen dan Pialang adalah rpresentasi independen dari berbagai macam produk sebuah perusahaan. Mereka bekerja berdasarkan komisi biasanya sekitar lima persen dari penjualan bersih.
Memilih Saluran Distribusi :
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih saluran distribusi produk yaitu:
  • Saluran Disstribusi,
  • Cakupan Pasar,
  • Biaya,
  • Kontrol,
  • Konflik Saluran
Mengelola Distribusi Fisik:
Distribusi fisik meliputi segala aktivitas yang diperlukan untuk menggerakan produk jadi dari produsen ke konsumen. Proses distribusi fisik meliputi:
  • Proses Pemesanan,
  • Pengendalian Persediaan,
  • Pergudangan,
  • Penanganan Material,
  • Operasi Transportasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar