Hello good people! kembali lagi di blog saya.
Pada postingan kali ini saya kembali akan menulis mengenai apa saja yang diajarkan pada pertemuan kedelapan pada matakuliah kewirausahaan. Pada pertemuan ini materi yang dibawakan adalah materi tentang Produk dan Penetapan Harga.
Pengertian Produk:
Produk adalah sesuatu yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan konsumen dimana produk dapat berupa barang atau jasa.
Manajemen Produk:
Manajemen produk merupakan salah satu proses dari 4 wilayah pemasaran. Manajemen produk bertanggung jawab terhadap bauran pemasaran. Bauran pemasaran adalah sebuah strategi yang digunakan untuk mempromosikan, menjual atau menentukan harga produk dimana bauran pemasaran dirancang untuk mendapatkan keuntungan dari pasar yang dituju. Bauran pemasaran berbeda tergantung jenis produk yang ditawarkan dimana jika produk yang ditawarkan adalah barang maka bauran pemasarannya ada 4 atau biasa disebut 4P dan jika produk yang ditawarkan adalah jasa maka bauran pemasarannya ada 8 atau biasa disebut 8P.
Bauran Pemasaran Produk Berupa Barang:
  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
Bauran Pemasaran Produk Berupa Jasa:
  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • People
  • Process
  • Physical Evidence
  • Public Relation
Manajemen Siklus Produk:
Produk yang ditawarkan memeiliki sebuah siklus yang dinamakan siklus hidup produk. Dimana siklus hidup produk adalah jangka waktu hidup suatu produk dalam waktu tertentu.Siklus hidup produk terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Siklus Hidup Produk:
  • Pengenalan
  • Pertumbuhan
  • Kematangan
  • Puncak
  • Penurunan
Oleh karena itu diperlukan sebuah manajemen siklus produk. Manajemen siklus produk adalah proses merancang suatu siklus hidup dari suatu produk atau ebuah lini produk. Manajemen siklus juga diperlukan karena setiap konsumen memiliki kesiapan yang berbeda-beda dalam menerima inovasi baru atau antisipasi terhadap perilaku konsumen sehingga hal tersebut perlu disusun dalam setiap tahapan siklus produk.
Klasifikasi Produk:
Secara garis besar produk terbagi menjadi dua jenis yaitu Produk konsumsi dan Produk Industri.  Dimana produk konsumsi adalah produk yang akan dikonsumsi konsumer akhir dengan tujuan tidak untuk dibisniskan atau dijual lagi. Produk konsumsi terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:
Jenis Produk Konsumsi :
  • Barang kebutuhan sehari-hari (convenience goods), misalnya bahan makanan, obat-obatan
  • Barang belanja (shopping goods), misalnya pakaian, sepatu, sabun, dan lain sebagainya.
  • Barang khusus (speaciality goods), misalnya mobil, kamera, dan lain sebagainya
Selain produk konsumsi ada juga yang namanya produk industri. Produk industri adalah produk yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa. Produk industri dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
Jenis Produk Industri:
  • Bahan mentah, misalnnya hasil hutan, gandum, dan lain sebagainya.
  • Bahan baku dan suku cadang pabrik, misalnya mesin, pasir, dan lain sebagainya.
  • Perbekalan operasional, misalnya alat-alat kantor, dan lain-lain.
Pengembangan Produk Baru:
Suatu produk harus terus dikembangkan agar dapat tetap bertahan dipasar dan memenangkan persaingan. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan produk baru langkah langkah tersebut antara lain:
  • Gagasan Produk
  • Penyaringan Ide
  • Pengujian Konsep
  • Analisis Bisnis
  • Pengembangan Prototipe
  • Tes produk dan Tes Pemasaran
  • Komersialisasi
Dalam mengembangkan suatu produk baru juga terdapat strategi yang digunakan. Dimana strategi tersebut dibagi menjadi 4 yaitu:
  • Jika pasarnya sudah ada (lama) dan produknya sudah ada(lama) maka diperlukan penetrasi pasar
  • Jika pasarnya sudah ada (lama) dan produknya baru maka diperlukan pengembangan produk
  • Jika pasarnya baru dan produknya sudah ada(lama) maka diperlukan pengembangan pasar
  • Jika pasarnya baru dan produknya baru maka diperlukan diversifikasi produk
Diferensiasi Produk:
Produk yang sudah ada harus dibuat berbeda dari yang lainnya sehingga dapat menarik minat ketika ditawarkan kepada konsumer.
Evolusi Pasar :
Satu hal yang mempengaruhi manajemen produk dan penentuan harga adalah evolusi pasar. Pada dewasa ini evolusi pasarterbagi menjadi:
  • Kristalisasi Pasar
  • Ekspansi Pasar
  • Fragmentasi Pasar
  • Konsolidasi Pasar
  • Penentuan Pasar