Minggu, 18 Agustus 2019

KEWIRAUSAHAAN 2019

PERTEMUAN KE 10

Promosi :
Promosi adalah suatu upaya pengenalan suatu produk atau perusahaan kepada publik yang bertujuan untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan. Dengan promosi masyarakat akan mengetahui keberadaan perusahaan, produk-produk yang dimiliki dan ditawarkan, keunggulan produk dan hal lainnya yang perlu di ketahui oleh konsumen.
Tujuan Promosi:
Tujuan promosi dibagi menjadi 4 yaitu:
  • Menyampaikan Informasi, agar konsumen mengetahui produk apa yang ditawarkan perusahaan, keunggulan produk, keberadaan produk, dll.
  • Memosisikan Produk, Agar citra produk yang dimiliki semakin tertanam di pikiran konsumen.
  • Nilai Tambah,  sebuah promosi dengan memberikan potongan harga atau diskon terhadap produk yang dimiliki akan memberikan nilai tambah bagi produk tersebut.
  • Meningkatkan Penjualan, semakin kita rajin mempromosikan produk maka semakin besar pula konsumen yang akan mengetahui produk dan membelinya.
Bauran Promosi:
Bauran promosi adalah kombinasi media yang dapat digunakan untuk mempromosikan diri. Bauran promosi dapat digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, meluncurkan produk baru, menarik konsumen dan melakukan berbagai aktivitas yang perlu diketahui publik. Bauran promosi meliputi periklanan, penjualan langsung, promosi penjualan, serta publisitas dan hubungan masyarakat.Periklanan:
Iklan adalah media promosi yang dibayar oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada publik. Iklan terbagi menjadi tiga yaitu:
  • Iklan Persuasif,
  • Iklan Perbandingan,
  • Iklan Pengingat
Periklanan dapat dilakukan melalui media televisi, radio, koran, atau internet.
Penjualan Langsung:
Penjualan langsung terbagi menjadi dua yaitu:
  • Penjualan Pribadi, merupakan penjualan melalui proses bertatap muka langsung antara pembeli dan penjual.
  • Telemarketing, merupakan bentuk penjualan langsung yang menggunakan media telepon.
Promosi Penjualan:
promosi penjualan adala sebuah kegiatan jangka pendek yang dirancang untuk menarik konsumen agar membeli produk yang ditawarkan. Promosi penjualan dapat berupa:
  • Kupon,
  • Pajangan,
  • Sampel Gratis,
  • Hadiah,
  • Kontes,
  • Pameran Dagang
Hubungan Masyarakat:
Hubungan masyarakat merupakan bagian dalam suatu perusahaan yang bertugas membangun citra perusahaan dimata publik, memberikan informasi tentang perusahaan ke publik, serta menaggapi keluhan atau serangan negatif pesaing terhadap perusahaan. Hubungan masyarakat meliputi berbagai komunikasi bisnis nonpenjualan dengan berbagai pihak seperti:
  • Masayarakat,
  • Investor,
  • Analisis Industri,
  • Pemerintah dan Pejabat,
  • Media Masa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar